Pengertian Pembelajaran Kooperatif


Pengertian Pembelajaran Kooperatif

Pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning) adalah pendekatan pembelajaran yang berfokus pada penggunaan kelompok kecil siswa untuk bekerja sama dalam memaksimalkan kondisi belajar untuk mencapai tujuan belajar (Sugiyanto 2008: 35).

Dalam Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 2007, 3(1), 35-39, disebutkan sebagai berikut:

“Cooperative learning is generally understood as learning that takes place in small groups where students share ideas and work collaboratively to complete a given task. There are several models of cooperative learning that vary considerably  from each other” (Slavin, 1995). “Pembelajaran kooperatif secara umum dipahami sebagai pembelajaran yang terjadi dalam kelompok kecil dimana siswa berbagi ide dan bekerja sama menyelesaikan suatu soal. Ada beberapa model pembelajaran kooperatif yang berbeda satu samalainnya”(http://www.ejmste.com/v3n1/EJMSTEv3n1_Zakaria&Iksan.pdf  17/02/2010).

Sedangkan menurut Slavin (1997) pembelajaran kooperatif, merupakan metode pembelajaran dengan siswa bekerja dalam kelompok yang memiliki kemampuan heterogen. Pembelajaran kooperatif atau cooperative learning mengacu pada metode pengajaran, siswa bekerja bersama dalam kelompok kecil saling membantu dalam belajar(anwarholil.blogspot.com/pendidikan-inovatif.htm, 06/01/2010).

Berdasarkan definisi – definisi di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif (cooperative leraning) adalah model pembelajaran yang menggunakan kelompok – kelompok kecil dimana siswa dalam satu kelompok saling bekerja sama memecahkan masalah untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Model pembelajaran kooperatif dikembangkan untuk mencapai setidak­tidaknya tiga tujuan pembelajaran yang disarikan dalam Ibrahim, dkk (2000:7‑8) sebagai berikut:

1)      Meskipun pembelajaran kooperatif meliputi berbagai macam tujuan sosial, tetapi juga bertujuan untuk meningkatkan kinerja siswa dalam tugas‑tugas akademik. Beberapa ahli berpendapat bahwa model ini unggul dalam membantu siswa memahami konsep‑konsep yang sulit. Model struktur penghargaan kooperatif juga telah dapat meningkatkan penilaian siswa pada belajar akademik dan perubahan norma yang berhubungan dengan hasil belajar.

2)      Penerimaan yang luas terhadap orang yang berbeda menurut ras, budaya, kelas sosial, kemampuan, maupun ketidakmampuan. Pembelajaran kooperatif memberikan peluang kepada siswa yang berbeda latarbelakang dan kondisi untuk bekerja saling bergantung satu sama lain atas tugas­-tugas bersama, dan melalui penggunaan struktur penghargaan kooperatif, belajar untuk menghargai satu sama lain.

3)      Tujuan penting ketiga dari pembelajaran kooperatif adalah mengajarkan kepada siswa keterampilan kerjasama dan kolaborasi. Keterampilan ini penting karena banyak anak muda dan orang dewasa masih kurang dalam keterampilan sosial (anwarholil.blogspot.com/pendidikan-inovatif.htm, 06/01/2010).

Ada banyak keuntungan penggunaan pembelajaran kooperatif. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1)      Meningkatkan kepekaan dan kesetiakawanan sosial.

2)      Memungkinkan para siswa saling belajar mengenai sikap, ketrampilan, informasi, perilaku sosial, dan pandangan – pandangan.

3)      Memudahkan siswa melakukan penyesuaian sosial.

4)      Memungkinkan terbentuk dan berkembangnya nilai – nilai sosial dan komitmen.

5)      Menghilangkan sifat mementingkan diri sendiri atau egois.

6)      Membangun persahabatan yang dapat berlanjut hingga masa dewasa.

7)      Berbagai ketrampilan sosial yang diperlukan untuk memelihara hubungan saling membutuhkan dapat diajarkan dan dipraktekkan.

8)      Meningkatkan rasa saling percaya kepada sesama manusia.

9)      Meningkatkan kemampuan memandang masalah dan situasi dari berbagai perspektif.

10)  Meningkatkan kesediaan menggunakan ide orang lain yang dirasakan lebih baik.

11)  Meningkatkan kegemaran berteman tanpa memandang perbedaan kemampuan, jenis kelamin, normal atau cacat, etnis, kelas sosial,agama, dan orientasi tugas (Sugiyanto, 2008: 41-42).

,

  1. #1 by Nuryanto on March 20, 2011 - 3:05 am

    mohon ijin copy,….

  2. #3 by yukiyuchan on October 24, 2011 - 9:21 am

    ijin copy mas,boleh tau nama aslinya siapa?buat jadi kutipan d skripsi saya
    mohon email saya aja makasi

  3. #5 by DIMAS on October 25, 2011 - 11:57 pm

    copi mas yaaa ? buat bikin makalah

  4. #7 by Nanang on April 23, 2012 - 7:24 pm

    pak guru mohon izin tuk ngopy yah buat tugas

  5. #9 by FITRI on May 16, 2012 - 10:57 am

    ASLMKM..PAK GURU..SAYA MOHON IJIN COPY YAH..KIRIMIN KUTIPANNYA YA PAK KE EMAIL SAYA BUAT BAHAN SKRIPSI,,MKASIH PAK

  6. #11 by Ari Puspita RahayuSetyobudi on June 4, 2012 - 10:25 am

    mksh infony.. 🙂 manfaat sekali.. ^^

  7. #13 by ozi mandolo on July 4, 2012 - 3:29 pm

  8. #14 by Arnoldus Janssen on August 9, 2012 - 11:08 am

    pak Guru, saya ijin mengopi tulisan bapak ya. thanx atas informasinya

  9. #16 by Zulfa on September 29, 2012 - 11:42 am

    Assalamu’alaikum, saya izin copy ya pak guru, dan minta kutipannya tlong dkirim ke e-mail saya, ini untuk bahan skripsi saya. Terimakasih bnyak sblumnya. Wass,,,

  10. #18 by wenny on October 31, 2012 - 10:47 am

    askm wr wb
    thanks for nice info

    • #19 by Pak Guru Ian on October 31, 2012 - 10:51 pm

      walaikumsalam wr wb
      thanks,,,very much,,,

  11. #20 by Kazhmier Gz Tolies (@GzKazh) on November 23, 2012 - 7:27 pm

    Izin kopi Gan…. 😀

  12. #22 by neng on December 14, 2012 - 11:28 am

    mksh yea,,,,,,,
    materinya kirta kopi,,gpp khann…

    • #23 by Pak Guru Ian on December 15, 2012 - 9:59 pm

      silahkan yg penting di cantumkan sumbernya,,,

  13. #24 by ayhu on January 4, 2013 - 11:09 am

    Ass.. Izin copi Pak

  14. #26 by endang trisna on January 13, 2013 - 11:15 am

    thank’s infonya 🙂

  15. #28 by awan on February 19, 2013 - 12:14 pm

    pak buku yang isinya pembelajaran koperatif judulnya apa ya???

  16. #30 by Ridwan on February 19, 2013 - 9:57 pm

    maturnuhun info Nya mas Bro!!!!

  17. #32 by maznoer on February 23, 2013 - 6:39 pm

    Oya,, saya mau nanya pak,,,
    pembelajaran kooperatif kan kebanyakan dibuat oleh orang barat???

    Sebagai bangsa Indonesia kenapa kiblat pendidikan kita itu justru cenderung kebarat-baratan???
    mengapa tidak dari arab ato timur tengah ato mungkin malah mempelajari dari bangsa Indonesia sendiri????

    • #33 by Pak Guru Ian on March 8, 2013 - 3:40 pm

      klo pngen maju,, coba anda menemukan metode pembelajaran yg tepat lakukan penelitian kemudian publikasikan,,, biar bs qt gunakan mz,,

  18. #34 by LEKO. on April 12, 2013 - 11:49 am

    makasi pak guru,, atas ijingkan untuk copy. Adu……….pak guru kami mintah kutipannya ka? kirim ke gmail saya terimahkasi sebelumnya.

  19. #36 by likah on April 16, 2013 - 12:51 pm

    ijin copy mas…. bisa kasih kutipan n nama lengkapnya ms? untuk bahan buat tugas UAS…. bisa di emailkan?
    trimakasih banyak sebelumnya

    • #37 by Pak Guru Ian on April 16, 2013 - 4:45 pm

      silahkan,,, yg penting di cantumkan sumbernya,,,

  20. #38 by nonik gusrianti on April 27, 2013 - 8:56 am

    pak guru,saya mau tanya pembelajaran kooperatif ini masuk skill apa pak guru,skill reading,listening,ato writing pak guru.

  21. #40 by ariyanto on April 28, 2013 - 10:35 pm

    cius nih,,,? berat loh jd guru sejati bisa2 ga sempet ngurusin keluarga,,? ya ane doain ya,,

  22. #42 by dik a'ah on June 12, 2013 - 9:15 pm

    jazakalloh khoiron katsir . . .

  23. #43 by mardiana on January 9, 2014 - 8:24 pm

    izin copy y pak…..

  24. #45 by muzakki pratama on August 28, 2014 - 10:41 am

    izin copy mas buat kutipan skripsi saya

  25. #47 by apris on February 18, 2016 - 8:57 am

    Pak Guru minta injin untuk coppy buat Makalah yea Pak Guru

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.