Biografi Penulis

About Me

Aku adalah anak ketiga dari 3 bersaudara. Yang di besarkan oleh kedua orangtuaku. Ayah ku bernama Sudarto (Alm) dan Ibu ku bernama Sudasiti. Saudara pertama ku bernama Mulyadi yang sekarang sudah mempunyai 2 anak. Saudara ke 2 ku bernama Joko Suranto, S.Pd yang menjadi PNS di Semarang.

Sebelum ke Sekolah Dasar Aku sekolah di Taman Kanak- kanak Goton Royong B.A yang mungkin sekarang lebih di kenal dengan nama PAUD.  Pada tahun 1995 aku mulai duduk dibangku Sekolah Dasar. Aku sekolah di SD N Gentan 02. Alhamdulillah selama di SD aku selalu mendapatkan peringkat 5 besar. Saat di SD aku paling senang kalau mendapatkan tugas menjadi pemimpin upacra. Di kelas 4 SD aku terpilih perwakilan sebagai Dokter Kecil, disusul dengan seleksi Popda tapi untuk seleksi aku tidak lolos banyak temen- temenku yang lebih baik ternyata di bidang Olahraga. Tapi kekalahan itu tidak mematahkan semangatku. Saat aku awal dikelas 5, aku juga terpilih sebagai peserta lomba Pesta Siaga Tingkat Kabupaten. Tapi lagi- lagi gagal aku hanya mendapatkan juara 3. Walaupun demikian rasa semangat tetap berkobar dalam diri aku.

Perjalanan saya di SD membawa ku ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu SLTP. Saya diterima di SLTP favorit dikota ku, yaitu SLTP N 3 Sukoahrjo,  yang sekarang berubah menjadi sekolah RSBI.Saat kelas 1 aku mengalami penurunan prestasi yang cukup drastis, smapai peringkat saya dibawah 10 besar. Mengetahui hal itu Orang tua ku marahnya bukan main sampai aku benar- benar ketakutann. Seletah melewati masa penyesuaian aku bisa naik ke kelas 2. Di kelas 2 aku dapat mengejar ketinggalan belajar ku, ya walau tidak mendapatkan peringkat 5 besar, tapi paling tidak sudah meningkt dari pada kelas 1 dulu.

Di kelas 2 aku pertama kali mengenal organisasi yaitu PRAMUKA. Sampai- sampai masih kelas 2 SLTP aku berkeinginan ikut Saka Bhayangkara yang notabenya itu seharusnya untuk anak SMA. Kebetulan aku di ijinkan ikut oleh pengampu Saka waktu itu yang ber BaseCamp di POLRES SUKOHARJO, tapi dengan syarat aku harus menggunakan celana panjang dan bersedia di didik layaknya anak SMA.

Walaupun aku suka berorganisasi tapi aku tetaplah seorang remaja, yang tidak lepas dari kenakalan remaja. Bisa di bilang SLTP adalah puncak kenakalanku. Khususnya saat aku kelas 2. Lingkungan lah yang sangat mempengaruhi dunia remaja. Saat kelas 3 SLTP ayahku muali sakit- sakitan, aku mulai sadar bahwa suatu saat kita juga akan menjadi dewasa seperti ke 2 orang tua saya dan memiliki tanggungan yang lebih berat pula. Hingga akhirnay kenakalan saya berhenti saat saya kelas 3 SLTP semester 1. Masa SLTP saya akhiri dengan nilai yang cukup memuaskan yang membawa saya ke Jenjang SMA.

Saat SMA saya sempat bingung antara SMA N 1 Sukoharjo atau SMA N 3 Sukoharjo, tapi setelah beberapa pertimbangan akhirnya saya mendaftarkan di SMA N 3 Sukohajo. Alhamdulillah saya di terima di SMA N 3 Sukoharjo di Kelas X 6. Masih sama sepeti dulu masa peralihan melekat pada diri saya. Dikelas X nilai saya kembali turun, tetapi pada semester 2 saya bias menyusul ketinggalan saya.

Memang benar yang di bilang seseorang bahwa masa SMA adalah masa yang paling indah. Saat itu saya mengalami banyak sekali perubahan dalam berfikir. Karena banyak sekali kenangan yang indah tetapi ada juga kenagan terpahit dan menyedihkan yang saya alami di SMA. Saya mulai menyukai berorganisasi dan kegiatan- kegiatan sosial.

Pertama kali Organisasi di SMA yang saya ikuti adalah OSIS. Saya diterima sebagai pengurus OSIS di anggota sekbi IV yang mengurusi tentang kegiatan sosial. Dari sini saya mulai terlibat di beberapa organisasi sekolah seperti PKS (Patroli Keamanan Sekolah ), DA ( Dewan Ambalan ), ROHIS ( Rohaniah Islam ). Dari organisasi – organisasi tersebut membuat saya berfikir secara matang dan dewasa di bandingkan dengan teman- teman yang lain.

Tetapi masa yang paling menyedihkan itupun muncul ke dalam hidup saya. Ayah saya menghembuskan nafas terakhinya pada tanggal 4 Maret 2005. Saya dan keluargsaya sangat teerpukul sekali. Yang akan selalu terngiang dalam benak saya adalah nasehat Ayah saya yang terakhir yaitu “ Buatlah orang- orang yang ada di sekitarmu tersenyum bahagia dan jadilah anak yang bermanfaat bagi semua orang. Saat ini sudah banyak orang yang pandai, maka jadilah kamu anak yang pandai dan mempunyai kelebihan di bandingkan yang lain.” Kata – kata bijak itulah yang sampai saat ini saya jadikan prinsip dan pegangan hidup saya. Dari kejadian ini saya mulai berfikir lebih dewasa lagi, mulai mengerti betapa sulitnya perjuangan hidup. Semuanya berjalan begitu saja sampai saya menuju kelas XI.

Di kelas XI Saya memutuskan masuk kelas XI IPS. Bisa di bilang kelas XI tahun yang mengawali ksibukan saya di dunia organisasi. Saat dipromosikan 2 jabatan penting saya harus memilihnya salah satu, yaitu antara wakil ketua OSIS dan Ketua Dewan Ambalan (Pradana). Atas beberapa pertimbangan akhirnya saya memutuskan untuk memilih dipromosikan sebagai Ketua Dewan Ambalan. Alhamdulillah saya dipercaya teman- teman dan terpilih sebagai Pradana Peride 2005\ 2006. Dan untuk di OSIS saya menjabat sebagai Kabid IV Periode 2005/ 2006.Semaunya berjalan lanjar dalam satu periode.

Di kelas XI inilah saya mulai mengenal organisasi luar yaitu Dewan Kerja Cabang ( DKC ) Sukoharjo pada tahun 2006. DKC yaitu organisasi yang mengurusi kegiatan Pramuka Penagak- Pandega se- Kwarcab/ kabupaten. Berbekal pengetahuan yang saya punya sayapun  di lantik sebagai Anggota bidang Tehnik Pramuka masa kerja 2005- 2009.

Pertama kali saya mengikuti kegiatan DKC adalah UBALOKA ( Unit Bantu Pertolongan Pramuka ) pada bulan Agustus 2005 yang di ikuti 32 peserta. Tiap kabupaten mengirimkan 1 orang peserta. Kegiatan itu di didik oleh Badan SAR Nasional (BASARNAS) dan PMI Daerah. Dari sini banyak sekali ilmu yang saya dapat, dan akan sangat bermanfaat sepanjang hidup saya.Inilah kata- kata yang sering kamiucapkan saat pendidikan “ Hello Gank,,,,,, (Kemudian dijawab bersama- sama) UBALOKA”

Setelah beberapa bulan kemudian tepatnya tanggal 14 – 16 Juli 2006 saya dikirim kembali ke Bumi Perkemahan di Gunung Pati, Semarang. Kegiatan ini berisi tentang sosialisasi perlindungan anak dan menjadi Tuthor Sebaya yang di selenggarakan oleh Komisi Perlindungan Anak ( KPA ) bekerja sama dengan Kwarda Jateng. Kegiatan ini berjalan selama 3 hari dan banyak sekali pengetahuna yang saya dapatkan, hingga saat saya kembali sanggat bermanfaat, Saya berhasil mengaplikasikanya sebagai tuthor sebaya.

Satu tahun setelah saya mengisayati Ubaloka terjadilah bencana besar di kota pelajar yaitu Yogyakarta dan Klaten pada bulan Mei tahun 2006 kemarin sekitar 5,9 Skl. Padahal saat itu yang dikhawatirkan dalah gunung merapi yang mau meletus tapi malah terjadi gempa. Setelah satu hari kejadian saya mendapatkan perintah dari UBALOKA Jawa Tengah untuk bergabung membantu teman- teman di sana. 2 minggu saya hidup di barak layaknya tentara yang hidup serba kekurangan dan apa adanya dengan pekerjaan sehari penuh, malam siaga agar tidak terjadi pencurian, sungguh melelahkan. Rasa sedih berubah menjadi kenikmatan tersendiri bagi kami saat membantu saudra- saudara kita yang mengalami musibah. Desa Gantiwarno, desa yang terparah yang penuh kenagan bagi saya dan tidak akan pernah akan saya lupakan.

Tanpa terasa dengan kesibuksaya saya sudah menuju kelas XII. Di kelas XII saya mendapatkan Warning/ peringatan dari orangtua saya untuk meninggalkan kesibukan saya. Tapi saya menolaknya, karena saya yakin suatu saat kan bermafaat bagi diri saya. Akan saya buktikan bahwa pendapat orangtu saya salah, dan akhirnya saya dapat membuktikanya bahwa saya bisa dan mampu hingga saya di terima di Perguruan Tinggi ternama di kota saya yaitu Universitas Sebelas Maret (UNS). Terimaksih kepada Bp. Drs.Ngatiman selaku kepala sekolah dan Bp Maryadi,S.Pd selaku Wakasek Kesiswaan, dan Ibu Lies selaku pembimbing pramuka yang telah meberikan bimbingan dan arahan.

**************

Kembali ke dalam kegiatan Pramuka beberapa bulan selang kejadian gempa ada kegiatan Perkemahan Wirakarya Daerah ( PWD ) yang diikuti se Jawa Tengah. PWD adalah program kegiatan Dewan Kerja Daerah tiap 2 tahun satu kali, yang menitik beratkan pada kegiatan bhakti masyarakat. Tiap kabupaten mengrimkan 10 Putra, 10 putri, 2 pimpinan kontingen putra/putri dan 2 pembina pendamping putra/ putri. Jadi kegiatan tersebut diikuti +- 700an peserta yang di laksanakan pada tanggal 13 – 19 Agustus 2006. Di sana tugassaya adalah membantu pimpinan kontingen yaitu mengkondisikan peserta PWD. Kegiatan itu berlanggsung selama 1 minggu di Bumi perkemahan Kepurun, dk. Kepurun dan ds. Sapen Kec.  Manis Renggo, Kab. Klaten.

Dengan  adanya gempa tersebut DKC sukoharjo pun tidak tinggal diam, karena sebagian wilayah sukoharjo juga terkena imbas dari amukan gempa tersebut. Akhirnya kami memutuskan untuk megadakan kegiatan Kemah Bhakti. Kegiatan ini terlaksana setelah kegiatan PWD Jateng pada tanggal 14 – 16 Januari 2007 di Dk. Pokaan, Ds. Karangtengah Kec. Weru. Kegiatan Kemah Bhakti di ikuti oleh seluruh SMA/ SMK di Sukoharjo.Dalam kegiatan ini Alhamdulillah saya di percaya sebagai ketua pelaksana, dan acarapun berjalan debgan lancar.

Delapan bulan kemudian Kembali kegiatan besar menghampiri kami, yaitu Perkemahan Antar Satuan Karya ( Peransaka Daerah V) yang terdiri dari saka Wanabhaki (asuhan dinas Lingsayangan Hidup), Saka Bhayangkara ( asuhan Kepolisian), Saka Dirgantara ( asuhan Angkatan Udara), Saka Bahari ( asuhan Angkatan Laut ) dan Saka Kencana (asuhan Dinas Kesehatan) dan  uncuk saka baru yaitu Saka Wirakartika ( asuhan Angkatan Darat ). Peransaka V di selenggarakan di Bumi Perkemahan Munjulluhur ( ds. Wisata ) , Kwartir Cabang Purbalingga, Kabupaten Purbalingga pada tanggal  8 – 14 Agustus 2007. Kegiatan ini berkonsentrasi pada kegiatan pengetahuan dan prestasi. Dalam kegiatan ini saya mendapatkan Tugas sebagai Pimpinan Kontingen Sukoharjo yang membawa 10 peserta putri, 10 peserta putra.  Dari kegiatan ini kami berhasil membawa 1 Trophy kejuaraan yaitu juara 1 lomba masak tingkat  Jawa Tengah. Satu kenang- kengan yang ternilai bagisaya yang saya persembahkan untuk kwarcab Sukoharjo.

Pada bulan Desember 2007 saya kembali dikirim Gladi Mantap UBALOKA saat itu terjadi banjir bandang di mana- mana saat kami pendidikan. Saat itu kami dididik langgsung oleh Badan SAR Nasional (BASARNAS) kami mendapatkan materi Mountain Rescue. Alhamdulillah saya pun pulang dengan mendapatkan predikat terbaik. Untuk mendownload materi yang saya dapatkan silahkan klik di MATERI SAR

Kemudian pada  tahun 2008 kemarin adalah kegiatan terbesar sekaligus terakhir saya. Saya di kirim sebagai Pimpinan Kontingen pada kegiatan RAIMUNA NASIONAL yang diselenggarakan di Cibubur +- 2 minggu. Acara ini banyak sekali macamnya ada yang Prestasi, Sosial dan juga Pengetahuan. Raimuna Nasional Di selenggarakan 5 tahun satu kali, yang di ikuti dari sabang sampai merauke juga ada duta pramuka dari Negara- Negara tetangga seperti Singapore, Filipina, dan Malaysia dll. Terdiri dari puluhan ribu peserta. Kegiatan ini merupakan kegiatan terbesar saya sekaligus terakhir dalam kepramukaan saya.

Berawal dari kegiata- kegiatan tersebut akhinya kami berinisiatif membentu satuan rescue di wilayah Sukoharjo yaitu SAR ELANG JAWA pada tahun 2007. Setelah terjadi banjir bandang pada akhir September kemarin akhinya SAR ELANG JAWA di resmikan menjadi SAR Kabupaten Sukoharjo pada tanggal 2 Februari 2008. Sampai sekarang tahun 2010 saya masih aktif menjadi anggota Divisi Air.

Pada pertengahan tahun 2006 Saya di rekrut menjadi Editor Video dan Cameramen pada studio shooting yaitu Lintang Movies yang berada di Sukoharjo. Saya menggeluti bidang multimedia +- 2,5 tahun. Akhirnya pada tahun 2009 saya mengudurkan diri, karena kegiatan saya di luar sangat banyak dan kuliah saya juga semakin padat. Pemohonan saya pun di kabulkan, dan saya semakin gencar di organisasi.

***************

Pada tahun 2007 saya berhasil menyelesaikan SMA saya, dan berhasil masuk di Univesitas Sebelas Maret ( UNS ) Jurusan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Program Studi PGSD. Padahal saat itu persaingan di PGSD sangat ketat, bahkan melebihi kedokteran. Saya sungguh beruntung dapat masuk PGSD.

Di PGSD kalau tidak ikut organisasi rasanya ada yang kurang. Saya mendaftarkan diri sebagai calon pengurus Himpunan Mahasiswa Program ( HIMPRO ). Saya ikut mendaftar tetapi hanya mengikuti 1x test karena saya saat itu di kirim mengikuti pendidikan Gladi Mantap Ubaloka di Semarang. Sayapun sudah tidak beharap lagi untuk menjadi pengurus karena sudah tidak ikut seleksi 2x. Tetapi takdir berkata lain, tiba- tiba pada malah hari saya mendapatkan SMS di terima dalam kepengurusan bahkan sebagai calon Ketua Himpro. Saya kaget sekali malam itu. Kemudian dalam waktu 1 malam di wajibakan membuat slide dan orasi untuk besok paginya. Saya sempat bingung apkah saya ambil kesempatan ini atau tidak,? Setelah saya meminta pertimbangan dari beberapa sahabat- sahabat saya sayapun memutuskan untuk mengikutinya. Setelah orasi akhinya dilkukan pemilihan calon ketua Himpro.saya mendapatkan peringkat ke 2 dengan selisih poin tidak lebih dari 10.

Setelah saya kuliah di PGSD hubungan saya dengan relasi- relasi lama pun semakin dekat, yaitu dengan POLRES Sukoharjo, SATLANTAS, dan YONIF 413. Saat saya kuliah sayapun dapat bekerja sama dengan mereka diibidang yang lain.

Semester 1 saya mendapatkan ip yang cukup buruk,, kurang dari 3. Tetapi dari tahun ketahun ip saya terus naik tidak ada yang turun sama sekali. Sampai terakhir semester 5 saya mendapatkan ip 3,74.

Saat semester 2 saya mendapatkan panggilan dari Sekolah lama saya yaitu SMA N 3 Sukoharjo dan Satlantas Sukoharjo untuk membantu mebimbing dan pembinaan lomba Krida Lantas yang di laksanakan di Wana Wisata Semarang beberapa tahun yang lalu. Tidak sia- sia saya datang dan melatih adik- adik SMA saya. Dari 5 kejuaraan 3 Trophy Juara 1 dan 2 Trophy Juara 2 serta Juara UMUM behasil kami bawa pulang.

Semester 2 tahun ajaran 2007- 2008 saya ikut seleksi magang FKIP Internet Center ( FICOS ) dari 200 peserta di ambil 24 saja, dan Alhamdulillah sayapun diterima, Angkatan saya adalah angkatan pertama FICOS. Di FICOS kegiatanya adalah sosialisasi OPEN SOURCE ( LINUX ) dan pengembangan IT sekaligus menjaga warnet. 1 tahun saya bergabung di FICOS cukup banyak Ilmu yang saya dapatkan.

Semester 3 saya mendapatkan tawaran mengajar pramuka di SD N Serut 1. Di situlah saya mulai masuk dunia pendidikan. Saya mengajar anak dari kelas 3 sampai kelas 6 SD. Selain di SD N Serut 01 saya kembali mendapatkan tawaran mengajar Pramuka lagi di SD N Kedungwinong 01. Kedunya saya ambil dan saya jalani sampai sekarang. Kemudian 13 Juli 2009 saya diangkat menjadi Guru kelas III di SD N Kedungwinong 01. Sampai sekarang saya masih mengajar di SD tersebut.

Hingga akhinya pada bulan September 2009 saya di wisuda dengan gelar SRIYANTO A.Ma. Saat itu saya masih magang di Ficos, Mangajar Pramuka dan masih mengikuti beberapa Organisasi besar. Selain itu pada awal tahun 2009 saya juga bergabung di Badan Narkotika Kabupate ( BNK ).

Jadi kesibukan saya sampai saat ini adalah Setiap pagi saya mengajar Anak SD kelas 3 di SD N Kedungwinong 01 dan setelah pulang saya langgsung kuliah sampai jam 5an. Organisasi yang masih aktif saya adalah SAR Kabupaten Sukoharjo yang di Komandani SEKDA sukoharjo yaitu Ign. Indra Surya M.Hum. dan aktif dalam BNK bersama sahabat saya Agus Widanarko, S.E. dalam memberikan penyuluhan Narkoba

Demikian perjalanan hidup saya sampai sekarang. *******

  1. #1 by Zay Ariefz on July 27, 2010 - 2:51 pm

    Hallo mas, tenan po ra kui mas…???
    Mosok njenegan anak pertama wae lagi lulus kuliah mosok adikmu wis ndue anak 2 mas…?? Adike mneh juga wis lulus S1, PNS mneh…..😀

    Hehe Piss mas….😀

    • #2 by Zay Ariefz on July 27, 2010 - 2:52 pm

      Mohon PertamaX Habis Gan…..😀

    • #3 by Pak Guru Ian on August 9, 2010 - 7:17 am

      wah eo,, salah ketik mmz,, suwun saran ne,,
      wes tak edit,,😀

  2. #4 by TKB on November 4, 2010 - 10:27 am

    Aku lulusan SD Kedungwinong tahun 1985 mas, salam kagem pak Sumar nek ijik ana, takokne wae adike Mukri sing ana Kendal sapa. Salam kanggo kancaku pak Bamet nek ijik neng SD 2 ne.

  3. #6 by rhynasetya on November 19, 2010 - 4:12 am

    Lam kenal,
    saya juga mahasiswi PGSD S1 mas,
    bole sharing2 ga?

    • #7 by Pak Guru Ian on November 22, 2010 - 7:22 am

      boleh dx,, silahkan,,,,
      kul dmn,,?
      add di fb aj

  4. #8 by intanMK on December 13, 2010 - 7:39 am

    Subhaanallaah..
    Tak ku sangka di sini ad seorang guru yg “luar biasa” seperti mz, bhkn lbh dri seorang guru.
    Ttp istiqomah, mz.
    Allah cinta dg hmba-hmbaNYA yg bs m’bri manfaat bg ssama.

    • #9 by Pak Guru Ian on December 13, 2010 - 10:08 am

      Alhamdulillah dx,,, ku msih bs mnerapkan ilmu yang ku dapatkan,,,
      mz juga masih belajar kok,,, bnyak di luar sna yang lebih dari mz,,
      tapi mz kan brusaha brikan yang terbaik kok slama mz bs,,,
      makacih ea…,,🙂
      spirit n keep your smile,,,

  5. #10 by Darmawan Zebua on February 19, 2011 - 5:56 am

    Cerita atau sinetron ini.. panjang amaaaeeet.
    Tapi Seru banget… Heheheheeee

    Peace and Love

    • #11 by Pak Guru Ian on February 19, 2011 - 11:32 am

      trimakasih,,,,
      sekedar crita aj kok,,,🙂

  6. #12 by siti salamah on February 26, 2011 - 3:56 am

    kok kayaknya aku pernah lihat pak ian di DA MAN 1 Surakarta ya! pak Ian jangan2 kakak kelasku di MANSASKA? dan di PGSD qt juga pernah ketemu kok. o ya aku anak PGSD juga, angkatan 2008. sepertinya pak IAn waktu itu jadi pembina pramuka waktu aku KMD di lapangan tembak Yonif 413 mojolaban, sukkoharjo. betul?

    • #13 by Pak Guru Ian on February 26, 2011 - 8:59 am

      aq dlu di smaga skh dx,, bkan dr man,,
      ea mz kul di PGSD dah mstr 8 ckrng,,,,
      pas di Yonif 413 mz jadi panitia nya,,
      lha dx yang na to,,?
      betul kok,,,

  7. #14 by Evin Dwi Wilujeng on June 18, 2011 - 7:36 pm

    assallamualaikum..!!
    ceritanya sangat bagus dan membikin saya kagum,,!!

    saya berharap bisa seperti anda yang pantang menyerah agar cita-cita saya tercapai..!!

    saya jg pernah IP saya di bwh3 waktu semester1 dan saya sangat kecewa, padahal saya sudah berusaha belajar dan berdo’a tp saya berharap di semester2 IP saya di atas3, do’ain ia?

    hehehe,, aq kq malah curhat,,!!

    sukses terus,,!!

    • #15 by Pak Guru Ian on June 18, 2011 - 10:47 pm

      wlaikumsalam,,,
      ea sama2 smoga mnabag motivasi n brmanfaat bagi anda,,,🙂

  8. #16 by ernita arif on November 23, 2011 - 10:42 am

    assalamualaikum pak guru Ian…
    salam kenal.
    pertama saya masuk ke blog bapak karena lagi bahan untuk disertasi saya terkait dengan frofesionalisme guru.
    fikiran capek saya langsung berubah ketika mednengar back sound (terimakasih guru). terus terang itu lagu pertama saya dengar.
    oh ya pak…. kalau bisa kirimin saya lagu terima kasih guru. atau kalau bapak punya koleksi lain bisa share………
    blog nya sangat bermutu dan penuh inspirasi.

    semoga dapat menjadi inspirasi banyak guru lain

    salam

    ernita arif

    • #17 by Pak Guru Ian on November 23, 2011 - 11:06 am

      walaikumsalam wr. wb
      salam kenal jg mb,,,
      terimakasih,,, semoga bermanfaat yah,,,,
      semoga sukses,,,,

  9. #18 by chiz on December 17, 2011 - 7:14 pm

    wah wah.. salam kenal dulu ya pak ian🙂
    masuk blognya pak ian mlh teringat masa kecil neh
    hahaha
    dulu waktu kelas 4 aku sempet pindah dan bersekolah di SD N Gentan 2
    apa kabar ya sekarang SD Gentan 2?
    dulu cuma sempet sekolah 4 bulan disitu sampai akhirnya pindah..
    walo sebentar tapi temen – temen dan guru disana unforgettable deh abiz dulu satu kelas muridnya cuma 14 jadinya akraaaab banget…

    kebetulan banget aku juga kuliah di jurusan PGSD ini
    doain cepet lulus ye pak biar bisa nyusul pak ian jd guru, haha

    this is a nice blog🙂
    i’ll be visiting ur blog and waiting for ur update🙂
    thanks🙂

    • #19 by Pak Guru Ian on December 19, 2011 - 12:05 pm

      salamkenal juga,,,
      he,,he,,
      semoga ingat yg mnyenangkan,,,
      lha mang dlu pindah knapa,,???
      add aj FB q dx..
      ea dlu q jg di sd situ dan skarang ngajar dsitu jg

      • #20 by chiz on December 25, 2011 - 8:33 pm

        tuntutan pekerjaan babe gitu, hehehe
        jadi sering pindah2

        dulu ada itu guru favq, beliau wali kelas 5
        tapi aku lupa namanya T_T

        oke oke, aku add deh, diapprove yaaa pak guru😀

  10. #21 by febrian arif on January 10, 2012 - 12:06 am

    wahhh..ceritanya hampir sama dg perjalanan hdpku. tp syangnya skrg kuliah gak linier dg yg kmrn..
    tp utk skrg msh gajar SD heheee..
    blog ini bnr2 bs memotivasi utk kalangan guru…

  11. #26 by ameel sii cagursweet on January 18, 2012 - 2:31 pm

    pak guru ian blognya baguuss banggeettt looohhh meel pengn loh kenal sama kamu,, hehee add fb ku donk http://www.facebook.com/meliya.faradisa#!/meliya.faradisa huee hueee ♥(_(_(_(_( ˘ з(^_^)_)_)_)_)♥

  12. #28 by ameel sii cagursweet on January 25, 2012 - 9:01 am

    pak guru iyan😀 jadi inspiring teacher lah… kereen.. semoga meel bisa jadi inspiring teacher jugaa.. hehee amiinn,,,

  13. #29 by chubbynaoman on March 31, 2012 - 9:56 am

    Assalamu’alaikum..

    Trimakasih Pak Guru Ian .. blognya sangat membantu, lengkap bgt^_^
    ditambah orangnya ramah dan santun..
    hmmm..Like u^_^ good teacher

    • #30 by Pak Guru Ian on April 10, 2012 - 8:34 am

      walaikumsalam wr wb
      hehe,,,,
      trimakasih,,,
      semoga bermanfaat mb,,,,

  14. #31 by Ayu Naoman on March 31, 2012 - 10:54 am

    Assalamu’alaikum..

    Tq Teacher..for ur blog, vey nice..
    Profilnya jg sangat menginspirasi, semangat !!! kagum..
    pertahankan kbaikan yang ada pada Pak Ian y..^_^

    • #32 by Pak Guru Ian on March 31, 2012 - 2:07 pm

      walaikumsalam wr wb,,
      sama2 mb,, jngn terlalu memuji,, saya juga masih blajar kok mb,,, bnyak blog yg jauh lbih bagus dr blog saya,,
      makasih atas kunjunganya,,,

      • #33 by aniek on May 3, 2012 - 9:40 am

        Subhanallah!
        boleh qt sharing2,
        ni email kantor saya.
        biar g cuma meeting, ketemu, customre, et all tentang kantor,
        tidak ada salahnya saya nambah teman sharing!

      • #34 by Pak Guru Ian on May 4, 2012 - 7:00 pm

        ok,, nnti saya sapa lewat email anda,,

  15. #35 by risna on May 29, 2012 - 3:57 pm

    assalamu’alaikum mas,,,,
    aku dulu adik tingkat’te panjengan ,,di SMA N 3 Sukoharjo aku lulusan 2008……..dulu jg ketemu di acara penyuluhan Narkoba dari BNK sukoharjo…
    salut aku mas…tetap semangat dan sukses selalu…..

    • #36 by Pak Guru Ian on June 8, 2012 - 8:36 pm

      walaiumusalam wr wb
      ea dx,,, sama- sama,, smoga sukses jg y,,🙂

  16. #37 by Yety Dwi Hapsari on July 8, 2012 - 1:51 am

    Wah banyak yang memuji jenengan… tp mmg jenengan pantas untuk dipuji. saya lihat blog jenengan pertama kali langsung suka dg blog jenengan. smg tambah sukses…
    dan matur nuwun, artikel di blog jenengan bny membantu… dan isi profil jenengan membangkitkan motivasi saya utk terus berjuang… Nuwun

    • #38 by Pak Guru Ian on July 20, 2012 - 8:59 am

      alhamdulillah kalo bermanfaat,,,,,
      amien,,, makasih,,,,

  17. #39 by acrid on September 12, 2012 - 8:34 am

    klw yang pengertian penelitian kuantitatifnya???????????!!!!!!!!!!!!!

  18. #40 by ravenshka on October 20, 2012 - 4:06 pm

    Biografinya panjang…aktivis gitu lho🙂

  19. #42 by Rismiyati Hasan on December 6, 2012 - 11:14 pm

    lam kenal pak guru, boleh donk kolaborasi utk memajukan pendidikan di sd.. tq..

  20. #44 by farida on December 27, 2012 - 2:35 pm

    pak guru, boleh gabung donk…

  21. #46 by Theresia Ping on December 8, 2015 - 6:50 pm

    Hii.. pak guru Ian🙂 tulisan-tuisannya sangat membantu. Hanya saja saya bingung dlm penulisan catatan kaki soalx tdk ada nama lengkapx pak guru🙂 nama lengkap Pak Guru Ian apa ya????? Tkb.

  22. #48 by Hiping Putri Ga'ai on December 8, 2015 - 6:55 pm

    Hii pak guru Ian🙂 thank ya tulisan2nya sangat membantu hanya saja saya kesulitan pd saat membuat catatan kaki dan daftar pustaka karena tdk ada nama lengap pak guru. Siapa nama lengkapnya pak guru Ian????

  23. #50 by Tri Wahyu on May 17, 2016 - 12:59 pm

    Terimakasih buat ilmunya, profilnya memotivasi🙂 dan panjang hehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: