Tujuan Pembelajaran Sains di MI/SD


Tujuan-tujuan Pembelajaran Sains di MI

Dalam konteks pembahasan kali ini, tujuan pembelajaran sains di MI adalah dimaknai sebagai  sesuatu yang diharapkan akan dicapai oleh peserta didik setelah melalui suatu proses pembelajaran IPA tertentu di Madrasah Ibtidaiyah. Tujuan pembelajaran yang dirumuskan pada langkah awal pembelajaran digunakan sebagai acuan dalam kegiatan pem-belajaran dan proses penilaian yang akan dilakukan.[1]

Tujuan pengajaran sains di sekolah bisa sangat beragam, yaitu: sains sebagai produk, sains sebagai proses, sains-teknologi dan masyarakat ataupun sains untuk pengembangan sikap dan nilai, dan pendekatan ketrampilan personal dan sosial. Secara keseluruhan berbagai kemungkinan tujuan pengajaran sains ini bisa diwujudkan melalui pengajaran sains di laboratorium.[2]

Sains sebagai produk atau sains buku teks adalah pengajaran tubuh pengetahuan sains yang terdapat dalam buku pelajaran sains. Berbagai topik bahasan sains di sekolah biasanya diajarkan dengan beragam konsep dan keterkaitannya, serta hubungan antara berbagai konsep tadi dengan, hukum-hukum alam, penjelasan teoritis, beragam diagram, contoh perhitungan, eksperimen dll.

Di Indonesia selama ini apa yang harus diajarkan dan susunan materi pelajarannya sudah ditentukan secara nasional oleh pusat kurikulum di kantor Depdiknas di Jakarta. Pada saat pembuatan isi kurikulum terdapat suatu konsensus diantara perancangnya tentang detail bagian mana yang menjadi topik sains yang harus diajarkan dan pada tingkatan mana hal itu diajarkan. Sehingga pengarang buku teks dan guru sains di negara kita tinggal mengikuti apa yang sudah ditetapkan tersebut.

Menurut Standar Isi yang ditetapkan oleh Depdiknas RI yang mana juga digunakan oleh Depag RI, terungkap bahwa tujuan pembelajaran sains di MI/SD, yakni agar peserta didik memiliki kemampuan: sebagai berikut:
Memperoleh keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan alam ciptaan-Nya.
Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positip dan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi dan masyarakat.
Mengembangkan keterampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah dan membuat keputusan.
Meningkatkan kesadaran untuk berperanserta dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan alam.
Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan.
Memperoleh bekal pengetahuan, konsep dan keterampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke SMP/MT

Sementara itu Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SKKD) untuk IPA MI/SD berdasarkan KTSP 2006,[3] yakni sebagai berikut:Kelas I, Semester 1
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupannya
Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya, serta cara perawatannya    1.1 Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya.

1.2 Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)

1.3 Membiasakan hidup sehat
Mengenal cara memelihara lingkungan agar tetap sehat    2.1 Mengenal cara menjaga lingkungan agar tetap sehat

2.2 Membedakan lingkungan sehat dengan lingkungan tidak sehat

2.2 Menceritakan perlunya merawat tanaman, hewan peliharaan dan lingkungan sekitar
Benda dan Sifatnya
Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaannya melalui pengamatan perubahan bentuk benda    3.1 Mengidentifikasi benda yang ada di lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan

3.2 Mengenal benda yang dapat diubah bentuknya

3.3 Mengidentifikasi kegunaan benda di lingkungan sekitar
Kelas I, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Energi dan Perubahannya
Mengenal berbagai bentuk energi dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.    4.1 Membedakan gerak benda yang mudah bergerak dengan yang sulit bergerak melalui percobaan

4.2 Mengidentifikasi penyebab benda bergerak (batere, per/pegas, dorongan tangan, dan magnet)
Bumi dan Alam Semesta
Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam (cuaca dan musim) serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia.    5.1 Mengenal berbagai benda langit melalui pengamatan

5.2 Mengenal keadaan cuaca di sekitar kita

5.3 Membedakan pengaruh musim kemarau dengan musim hujan terhadap kegiatan manusia
Kelas II, Semester 1
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
Mengenal bagianbagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup    1.1 Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan

1.2 Mengidentifikasi perubahan yang terjadi pada pertumbuhan hewan (dalam ukuran) dan tumbuhan (dari biji menjadi tanaman)

1.3 Mengidentifikasi berbagai tempat hidup makhluk hidup (air, tanah dan tempat lainnya)

1.4 Mengidentifikasi makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan
Benda dan Sifatnya
Mengenal berbagai bentuk benda dan kegunaannya serta perubahan wujud yang dapat dialaminya    2.1 Mengidentifikasi ciri–ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar

2.2 Menunjukkan perubahan bentuk dan wujud benda (plastisin/tanah liat/adonan tepung) akibat dari kondisi tertentu

2.3 Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui pengamatan
Kelas II, Semester 2
Energi dan Perubahannya
Mengenal berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya    3.1 Mengidentifikasi sumber-sumber energi (panas, listrik, cahaya, dan bunyi) yang ada di lingkungann sekitar

3.2 Mengidentifikasi jenis energi yang paling sering digunakan di lingkungan sekitar dan cara menghematnya
Bumi dan Alam Semesta
4. Memahami peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari    4.1 Mengidentifikasi kenampakan matahari pada pagi, siang dan sore hari

4.2. Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya
Kelas III, Semester 1
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup    1.1 Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup

1.2 Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana

1.3 Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat dan olah raga)
2. Memahami kondisi lingkungan yang

berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan.    2.1. Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan

2.2 Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan

2.3 Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar
Benda dan Sifatnya
3. Memahami sifat-sifat,perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari    3.1 Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi benda padat, cair, dan gas

3.2 Mendeskripsikan perubahan sifat benda (ukuran, bentuk, warna, atau rasa) yang dapat diamati akibat dari pembakaran, pemanasan, dan diletakkan di udara terbuka

3.3 Menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu, kaca, dan kertas
Kelas III, Semester 2
Energi dan Perubahannya
Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber energi    4.1 Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran

4.2 Mendeskripsikan hasil pengamatan tentang pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari

4.3 Mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya
5. Menerapkan konsep energi gerak    5.1 Membuat kincir angin untuk menunjukkan bentuk energi angin dapat diubah menjadi energi gerak

5.2 Menerapkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari
Bumi dan Alam Semesta
6. Memahami kenampakan permukaan bumi, cuaca dan pengaruhnya bagi manusia, serta hubungannya dengan cara manusia memelihara dan melestarikan alam.    6.1 Mendeskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar

6.2 Menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan cuaca

6.3 Mendeskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia

6.4 Mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar
Kelas IV, Semester 1
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya    1.1 Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya

1.2 Menerapkan cara memelihara kesehatan kerangka tubuh

1.3 Mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya

1.4 Menerapkan cara memelihara kesehatan panca indera
2. Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya    2.1 Menjelaskan hubungan antara struktur akar tumbuhan dengan fungsinya

2.2 Menjelaskan hubungan antara struktur batang tumbuhan dengan fungsinya

2.3 Menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya

2.4 Menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya
3. Menggolongkan hewan, berdasarkan

jenis makanannya.    3.1 Mengidentifikasi jenis makanan hewan

3.2 Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya
4. Memahami daur hidup beragam jenis

makhluk hidup.    4.1 Mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar, misalnya kecoa, nyamuk, kupukupu, kucing

4.2 Menunjukkan kepedulian terhadap hewan peliharaan, misalnya kucing, ayam, ikan
5. Memahami hubungan sesama makhluk hidup dan antara makhluk hidup dengan lingkungannya    5.1 Mengidentifikasi beberapa jenis hubungan khas (simbiosis) dan hubungan “makan dan dimakan” antar makhluk hidup (rantai makanan)

5.2 Mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya
Benda dan Sifatnya
6. Memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda serta berbagai cara penggunaan benda berdasarkan sifatnya    6.1 Mengidentifikasi wujud benda padat, cair, dan gas memiliki sifat tertentu

6.2 Mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud cair 􀃆padat 􀃆 cair; cair 􀃆 gas 􀃆 cair; padat 􀃆 gas

6.3 Menjelaskan hubungan antara sifat bahan dengan kegunaannya
Kelas IV, Semester 2
Energi dan Perubahannya
7. Memahami gaya dapat mengubah gerak dan/atau bentuk suatu benda    7.1 Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah gerak suatu benda

7.2 Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah bentuk suatu benda
8. Memahami berbagai bentuk energi dan cara penggunaannya dalam

kehidupan sehari-hari    8.1 Mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya

8.2 Menjelaskan berbagai energi alternatif dan cara penggunaannya

8.3 Membuat suatu karya/model untuk menunjukkan perubahan energi gerak akibat pengaruh udara, misalnya roket dari kertas/baling-baling/pesawat kertas/parasut

8.4 Menjelaskan perubahan energi bunyi melalui  penggunaan alat musik
Bumi dan Alam Semesta
9. Memahami perubahan kenampakan

permukaan bumi dann benda langit    9.1 Mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi

9.2 Mendeskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari
10. Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap

daratan     10.1 Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari,  dan gelombang air laut)

10.2 Menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor)

10.3 Mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor)

11. Memahami hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat

11.1 Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan

11.2 Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan teknologi yang digunakan

11.3 Menjelaskan dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian
11. Memahami hubungan

antara sumber daya

alam dengan

lingkungan, teknologi,

dan masyarakat    11.1 Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan

11.2 Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan teknologi yang digunakan

11.3 Menjelaskan dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan
Kelas V, Semester 1
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
1. Mengidentifikasi

fungsi organ tubuh

manusia dan hewan    1.1 Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia

1.2 Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan hewan

misalnya ikan dan cacing tanah

1.3 Mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia

dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan

1.4 Mengidentifikasi organ peredaran darah manusia

1.5 Mengidentifikasi gangguan pada organ peredaran

darah manusia
2. Memahami cara

tumbuhan hijau

membuat makanan    2.1 Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat

makanan

2.2 Mendeskripsikan ketergantungan manusia dan hewan

pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan
3. Mengidentifikasi cara

makhluk hidup

menyesuaikan diri

dengan lingkungan    3.1 Mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan

lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup

3.2 Mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan

lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup
Benda dan Sifatnya
4. Memahami hubungan

antara sifat bahan

dengan penyusunnya

dan perubahan sifat

benda sebagai hasil

suatu proses    4.1 Mendeskripsikan hubungan antara sifat bahan

dengan bahan penyusunnya, misalnya benang, kain,

dan kertas

4.2 Menyimpulkan hasil penyelidikan tentang perubahan

sifat benda, baik sementara maupun tetap

Kelas V, Semester 2
Energi dan Perubahannya
5. Memahami hubungan

antara gaya, gerak,

dan energi, serta

fungsinya     5.1 Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan

energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek,

gaya magnet)

5.2 Menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat

pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat
6. Menerapkan sifatsifat

cahaya melalui

kegiatan membuat

suatu karya/model    6.1 Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya

6.2 Membuat suatu karya/model, misalnya periskop atau

lensa dari bahan sederhana dengan menerapkan sifatsifat

cahaya
Bumi dan Alam Semesta
7. Memahami

perubahan yang

terjadi di alam dan

hubungannya dengan

penggunaan sumber

daya alam    7.1 Mendeskripsikan proses pembentukan tanah karena

pelapukan

7.2 Mengidentifikasi jenis-jenis tanah

7.3 Mendeskripsikan struktur bumi

7.4 Mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan

manusia yang dapat mempengaruhinya

7.5 Mendeskripsikan perlunya penghematan air

7.6 Mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di

Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan

lingkungan

7.7 Mengidentifikasi beberapa kegiatan manusia yang

dapat mengubah permukaan bumi (pertanian,

perkotaan, dsb)
Kelas VI, Semester 1
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
1. Memahami hubungan

antara ciri-ciri

makhluk hidup dengan

lingkungan tempat

hidupnya    1.1 Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus

yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek) dan

lingkungan hidupnya

1.2 Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus

yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan

pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya
2. Memahami cara

perkembangbiakan

makhluk hidup    2.1 Mendeskripsikan perkembangan dan pertumbuhan

manusia dari bayi sampai lanjut usia

2.2 Mendeskripsikan ciri-ciri perkembangan fisik anak

laki-laki dan perempuan

2.3 Mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan

dan hewan

2.4 Mengidentifikasi cara perkembangbiakan manusia
3. Memahami pengaruh

kegiatan manusia

terhadap

keseimbangan

lingkungan    3.1 Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat

mempengaruhi keseimbangan alam (ekosistem)

3.2 Mengidentifikasi bagian tumbuhan yang sering

dimanfaatkan manusia yang mengarah pada

ketidakseimbangan lingkungan

3.3 Mengidentifikasi bagian tubuh hewan yang sering

dimanfaatkan manusia yang mengarah pada

ketidakseimbangan lingkungan
4. Memahami pentingnya

pelestarian jenis

makhluk hidup untuk

mencegah kepunahan    4.1 Mengidentifikasi jenis hewan dan tumbuhan yang

mendekati kepunahan

4.2 Mendeskripsikan pentingnya pelestarian jenis

makhluk hidup untuk perkembangan Ilmu

Pengetahuan Alam dan kehidupan masyarakat
Benda dan Sifatnya
5. Memahami saling

hubungan antara suhu,

sifat hantaran dan

kegunaan benda    5.1 Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan

panas dari berbagai benda

5.2 Menjelaskan alasan pemilihan benda dalam

kehidupan sehari-hari berdasarkan kemampuan

menghantarkan panas
6. Memahami faktor

penyebab perubahan

benda    6.1 Menjelaskan faktor-faktor penyebab perubahan

benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan) melalui

pengamatan

6.2 Mengidentifikasi faktor-faktor yang menentukan

pemilihan benda/bahan untuk tujuan tertentu (karet,

logam, kayu, plastik) dalam kehidupan sehari-hari
Kelas VI, Semester 2
Energi dan Perubahannya
7. Mempraktikkan pola

penggunaan dan

perpindahan energi    7.1 Melakukan percobaan untuk menyelidiki hubungan

antara gaya dan gerak (model jungkat jungkit,

katapel/model traktor sederhana energi pegas)

7.2 Menyajikan informasi tentang perpindahan dan

perubahan energi listrik
8. Memahami pentingnya

penghematan energi    8.1 Mengidentifikasi kegunaan energi listrik dan

berpartisipasi dalam penghematannya dalam

kehidupan sehari-hari

8.2 Membuat suatu karya/model yang menggunakan

energi listrik (bel listrik/alarm/model lampu lalu

lintas/ kapal terbang/mobil-mobilan/model

penerangan rumah)
Bumi dan Alam Semesta
9. Memahami matahari

sebagai pusat tata

surya dan interaksi

bumi dalam tata surya    9.1 Mendeskripsikan sistem tata surya dan posisi

penyusun tata surya

9.2 Mendeskripsikan peristiwa rotasi bumi, revolusi bumi

dan revolusi bulan

9.3 Menjelaskan terjadinya gerhana bulan dan gerhana

matahari

9.4 Menjelaskan perhitungan kalender Masehi dan

kalender Hijriah

Jika dicermati poin-poin tersebut di atas, seperti tujuan untuk mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, dan tujuan untuk mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positip dan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi dan masyarakat,  tampak bahwa tujuan-tujuan pembelajaran sains di MI tersebut selaras dengan pendapat John W. Santrock yang mengungkapkan bahwa pengajaran sains yang efektif haruslah bisa membantu murid untuk  membedakan antara  kesalahan yang berguna dan miskonsepsi, antara kesalahan yang berada di jalur yang benar dengan pemahaman yang tidak lengkap, dan ide yang benar-benar salah yang perlu diganti  dengan konsep yang benar-benar akurat.[4] Kemudian juga, kebanyakan murid lebih tertarik pada sains yang membahas persoalan sehari-hari yang relevan dengan kehidupan mereka ketimbang mendiskusikan teori-teori abstrak. [5] Kedua pendapat tersebut semakin menguatkan bahwa tujuan pembelajaran sains yang ditetapkan Depdiknas adalah tepat dan relevan dengan kebutuhan anak.

Sementara kalau melihat tujuan lainya, seperti untuk mengembangkan keterampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah dan membuat keputusan, untuk meningkatkan kesadaran untuk berperanserta dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan alam, untuk meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan, dan untuk memperoleh bekal pengetahuan, konsep dan keterampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke SMP/MT, pada dasarnya senada dengan pendapat Friedl yang menyatakan bahwa suatu kejadian atau peristiwa aneh (discrepant events) yang digunakan sebagai obyek kajian dalam pengajaran cenderung menciptakan dorongan dan rasa keingin tahuan yang dalam pada diri pengamat. Dan, mereka akan merasakan adanya perasaan keingin tahuan dari lubuk hati yang terdalam.[6]

Jadi berdasarkan beberapa pendapat pakar pendidikan di atas, tujuan-tujuan pembelajaran IPA yang ditetapkan untuk MI/SD oleh Depdiknas RI maupun Depag RI adalah telah tepat dan relevan dengan kebutuhan peserta didik. Mungkin yang perlu dicermati pada upaya selanjutnya yakni bagaimana menjaga dan menjamin proses pembelajaran sains tersebut agar sesuai dan tidak melenceng dari  tujuan yang diharapkan.
[1] Edi Hendri Mulyana, Assesmen dalam Pembelajaran Sains SD , http://meysiska.blogspot.com/2009/05/asesmen-dalam-pembelajaran-sains-sd.html , 1 November 2009

[2] Bambang Surintono, Tujuan Pengajaran Sain di Laboraturium, http://xpresi-riaupos.blogspot.com/2008/09/tujuan-pengajaran-sains-di-laboratorium.html, Tanggal 1 Nobember 2009

[3] Anonim, Standara ISI Mata Pelajaran IPA SD-MI (Jakarta: Departemen Agama RI, 2006)

[4] John W. Santrock, Psikologi Pendidikan (Bandung: Kencana Prenada Media Group, 2007), hlm. 446

[5] John W. Santrock, Psikologi …, hlm. 447

[6] Alfred E. Friedl, Teaching Science…, hlm. 1

  1. #1 by alfara rachma on January 16, 2011 - 5:55 am

    nice

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.