Archive for 2010

Pengertian Bangun Datar

Bangun datar adalah bagian dari bidang datar yang dibatasi oleh garis-garis lurus atau lengkung (Imam Roji, 1997)

Bangun datar dapat didefinisikan sebagai bangun yang rata yang mempunyai dua demensi yaitu panjang dan lebar, tetapi tidak mempunyai tinggi atau tebal (Julius Hambali, Siskandar, dan Mohamad Rohmad, 1996)

Berdasarkan pengertian tersebut dapat ditegaskan bahwa bangun datar merupakan bangun dua demensi yang hanya memiliki panjang dan lebar, yang dibatasi oleh garis lurus atau lengkung.

,

50 Comments

Peranan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika

Peranan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika

Proses pembelajaran akan menarik bila dalam proses belajar mengajar  menggunakan alat peraga. Meskipun penggunaan alat peraga menimbulkan berbagai pendapat dan pandangan, tetapi perbedaan tersebut akan menambah perbendaharaan pengetahuan bagi kita. Penggunaan alat peraga sangat berperan dalam penyampaian materi pelajaran bagi pendidik. Dengan harapan alat peraga akan memperjelas tentang materi yang disampaikan / diajarkan. Read the rest of this entry »

,

3 Comments

Pengertian Bilangan Bulat

Pengertian Bilangan Bulat.

Karim, dkk (1997:83) mengatakan bahwa hanya dengan memiliki pengetahuan tentang bilangan cacah saja kita belum mampu menjawab masalah baik dalam matematika maupun masalah komputasi dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kata lain, himpunan bilangan cacah memiliki kekurangan. Sebagai contoh, tak ada bilangan cacah yang membuat kalimat “ 7 + y = 5 “ atau “ 8 + x = 0” menjadi pernyataan yang bernilai benar. Read the rest of this entry »

,

14 Comments

Pengertian Menulis

Kemampuan  yang  dimiliki  setiap  individu  berbeda-beda. Setiap  kemampuan  saling  berhubungan  membentuk  suatu  tindakan.

Akhmad Sudrajat dalam http://www.akhmadsudrajat. wordpress.com/008/01/25/kemampuan-individu/ membagi  kemampuan  menjadi  dua  jenis,  yaitu:     a) actual  ability,  dan  b)  potential  ability.  Actual  ability atau kecakapan  nyata  merupakan  kecakapan  yang  diperoleh  karena  belajar yang  dapat  segera Read the rest of this entry »

11 Comments