Seks di Bangku Sekolah


Kenakalan remaja merupakan topik yang hangat saat ini, karena dari semua kalangan masyarakat kenakalan remaja telah menjadi permasalahan yang terus berkembang.Kenakalan remaja dapat disebabkan oleh pengaruh teknologi yang semakin modern dan bisa juga disebabkan oleh berbagai faktor yaitu faktor intern yang berasal dari dalam diri sendiri dan faktor ekstern yang bisa berasal dari pengaruh lingkungan.Ada beberapa bentuk kenakalan remaja seperti seks bebas, menggunakan obat terlarang,tawuran dan lain-lain.Seks bebas dapat dicegah melalui diri sendiri dan juga memerlukan bimbingan dari orang tua.Anak yang kurang diperhatikan orang tua maka tidak menutup kemungkinan si anak akan mencari kesenangan di luar rumah sesuai dengan keinginan mereka sendiri dan di tambah lagi dengan adanya pengaruh dari teman sebaya yang biasa melakukan seks bebas maka tidak menutup kemungkinan anak mengikuti gaya hidup teman tersebut jika tidak mau disebut gak gaul.

Kata kunci: Kenakalan remaja, seks bebas, teknologi, orang tua, teman.
Di zaman yang semakin berkembang semakin beragam pula tingkah laku serta masalah sosial yang terjadi di masyarakat terutama masalah remaja.Perkembangan teknologi sekarang ini telah banyak memberi pengaruh buruk bagi remaja sehingga menyebabkan terjadinya kenakalan remaja.

Kenakalan remaja belakangan ini sering kita lihat di kota-kota sangat memprihatinkan sekali, semuanya ini bukan hanya disebabkan oleh faktor remaja itu sendiri tetapi ada lagi faktor lain yang mendasarinya.

Dalam membahas tentang kenakalan remaja ini harus dilihat dari semua sisi apakah penyebabnya dari sisi remaja itu sendiri atau dari sisi lingkungan.

 

Gejala-gejala kemungkinan penularan penyakit AIDS di tingkat anak sekolah, lebih memungkinkan lagi terjadi tatkala menyimak hasil penelitian Elizabeth Pisani (2008) dalam bukunya “Kearifan Pelacur”. Terjadi hal yang mengherankan Elizabeth Pisani dan pasti kita semua, “Mengapa di banyak negara, wanita yang.berpendidikan tinggi justru memiliki kemungkinan tertular penyakit AIDS lebih tinggi dari pada wanita yang tidak pernah bersekolah?”

Keheranan ini bisa terjawab, jika dikaitkan dengan data survei ketidakpe-rawanan siswa SLTP dan SMA di In-
donesia. Logikanya, siswa yang sudah mulai melakukan hubungan seks di luar nikah sejak SLTP, perilaku seks bebasnya kemungkinan akan berulang ketika di tingkat SMA dan di perguruan tinggi. Inilah jawaban mengapa hasil penelitian menunjukkan semakin tinggi pendidikan, semakin tinggi kemungkinan tertular penyakit AIDS.

Kemungkinan anak-anak sekolah tertular penyakit AIDS semakin terbuka lagi, mengingat penularan pen”akit AIDS selain melalui hubungan seks juga terjadi pada penggunaan narkoba melalui jarum suntik. Elizabeth Pisani menjelaskan kembali, “Persentase penggunaan narkoba terbesar melebihi persentase para wana dan pelacur, terjadi di kalangan anak-anak.

 

Ketidaktahuan remaja mengenai seks tersebut dapat dilihat dari penelitian yang dilakukan Synovate sebuah perusahaan yang bergerak dibidang jasa dan pemasaran atas nama DKT Indonesia, pada tahun 2004 terhadap 450 remaja dari
Jakarta, Bandung, Surabaya dan Medan membuktikan remaja tersebut tidak mempunyai pengetahuan khusus serta komprehensif mengenai seks. Sebesar (35%) informasi di peroleh dari teman,(22%) dari film porno,(11%) dari buku, (8%) dari orang tua dan selebihnya dari pacar, televisi, sekolah, pengalaman maupun film dibioskop dan tentang perilaku seks remaja (15 – 24 tahun), 44% responden mengaku mereka sudah pernah punya pengalaman seks di usia 16-18 tahun. Sementara 16% lainnya mengaku pengalaman seks itu sudah mereka dapat antara usia 13-15 tahun
(BKKBN, 2004) dikutip Apulina 2008.

, ,

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: