RPP IPS Kelas IV


RENCANA PELAKSANA

Mata Pelajaran               : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Kelas/Semester                : IV/1

Alokasi Waktu                 : 2 X 35 menit (1 × pertemuan)


  1. I. Standar Kompetensi :
  2. Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi.
  1. II. Kompetensi Dasar :

1.1.               Membaca peta lingkungan setempat (kabupaten/kota, provinsi) dengan menggunakan skala sederhana.

III. Indikator:

1.1.1.  Menjelaskan pengertian peta

1.1.2.  Mengidentifikasi komponen –komponen pada peta

1.1.3.  Menggambar peta lingkungan provinsi setempat.

IV. Tujuan Pembelajaran:

  1. Melalui kegiatan tanya jawab, siswa dapat menjelaskan pengertian peta dengan benar.
  2. Melalui kegiatan diskusi, siswa dapat mengidentifikasi komponen-komponen pada peta dengan benar.
  3. Melalui demonstrasi, siswa dapat menggambar peta lingkungan provinsi setempat dengan benar.
  1. V. Dampak Pengiring

Setelah pembelajaran ini selasai, diharapkan siswa dapat menunjukkan letak lingkungan provinsi setempat dalam kehidupan sehari-hari.

VI. Materi Pembelajaran

  1. Pengertian peta.
  2. Komponen-komponen peta.
  3. Menggambar peta.

VII. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

  1. a. Kegiatan Awal

Apersepsi          : Gambarkan denah rumahmu.

Motivasi   : Siswa diminta untuk saling menukar gambar denah rumahnya kemudian

Ditanya    : Dapatkah kalian membaca denah rumahmu? Menghadap ke arah mana rumah temanmu?

  1. b. Kegiatan Inti

1)   Mengamati peta provinsi yang dipajang di depan.

2)   Siswa mengartikan peta dengan bahasanya sendiri.

3)   Dengan diskusi,siswa mencari dan menemutunjukkan komponen-komponen pada peta.

4)   Saling informasi letak komponen-komponen sesuai dengan peta masing-masing kelompok.

5)   Guru mengklarifikasi hasil diskusi.

6)   Setiap siswa menyiapkan perlengkapan untuk menggambar peta.

7)   Setiap siswa membuat gambar peta provinsi sesuai petunjuk guru.

8)   Membuat rangkuman untuk dicatat.

  1. c. Kegiatan Akhir

1) Penilaian.

2) Refleksi : Siswa mampu mendeskripsikan pengertian peta dan menemutunjukkan komponen-komponen peta.

VIII. Metode, Media, dan Sumber Pembelajaran

  1. A. Metode
    1. Ceramah bervariasi.
    2. Diskusi.
    3. Penugasan
    4. B. Media
      1. Peta provinsi.
      2. C. Sumber
        1. Buku IPS IV, Imtam Rus Ernawati, dkk., Cempaka Putih, halaman 1–14.
        2. Buku IPS Untuk SD kelas IV, Tantya, dkk. Grahadi, halaman 23-29.
  1. IX. Penilaian
  2. Prosedur tes  : tes akhir
  3. Jenis tes       : tes unjuk kerja
  4. Bentuk tes    : Prosedur dan produk
  5. Alat tes                  : Lembar pengamatan

Gambarlah peta Provinsi Jawa Tengah !

Lembar Pengamatan

No. Nama Siswa Aspek Yang Dinilai
Ketepatan Kerapian Kebersihan Keindahan

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                           Guru Kelas

______________________                                                ___________________

NIP                                                                                     NIP

, , ,

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: