Macam – macam Metode Belajar
1. Metode Proyek atau Unit
Metode proyek adalah cara penyajian pelajaran yang bertitik tolak dari suatu masalah, kemudian dibahas dari berbagai segi yang berhubungan sehingga pemecahannnya secara keseluruhan dan bermakna. Dalam penggunaannya metode proyek memiliki:
a. Kelebihan :
1. Dapat memperluas pemikiran siswa yang berguna dalam menghadapi masalah kehidupan
2. Dapat membina siswa dengan kebiasaan menerapkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan dalam kehidupan sehari – hari secara terpadu.
3. Metode ini sesuai dengan prinsip – prinsip Didaktik modern.
b. Kekurangan :
1. Kurikulum yang berlaku di Indonesia saat ini,baik secara vertical maupun horizontal belum menunjang pelaksanaan metode ini
2. Bahan pelajaran sering menjadi luas sehingga dapat mengaburkan pokok unit yang dibahas
3. Pemilihan topic ini yang tepat sesuai dengan kebutuhan siswa, cukup fasilitas, dan sumber – sumber belajar yang diperlukan.
2. Metode Eksperimen
Metode eksperimen adalah cara penyajian pelajaran dimana siswa melakukan percobaan dengan mengalamji dan membuktikan sendiri sesuatu yang dipelajari.

a. Kelebihan:
1. Membuat siswa percaya atas kebenaran.
2. Dalam membina siswa untuk membuat trobosan – trobosan baru dengan penemuan dari hasil percobaannya.
3. Hasil – hasil percobaan yang berharga dapat dimanfaatkan untuk kemakmuran umat manusia.
a. Kekurangan :
1. Metode ni lebih cocok dalam bidang sains dan tekhnologi
2. Metode ini memerlukan berbagai fasilitas peralatan
3. Metode ini menuntut keuletan, ketelitian, danketabahan.
3. Metode Tugas dan Resitasi
Metode Resitasi adalah metode penyajian bahan dimana guru meemberikan tugas tertentu agar siswa melakukan kegiatan belajar.
a. Kelebihan :
1. Lebih merangsang siswa dalam melakukan aktifitas belajar individual atau kelompok.
2. Dapat mengembangkan kemandirian siswa.
3. Dapat membina tanggung jawab dan disiplin siswa.
b. Kekurangan :
1. Siswa sulit dikontrol
2. Tidak mudah memberikan tugas yang sesuai dengan perbedaan individu siswa.
3. Sering memberikan tugas yang monoton
4. Metode Diskusi
Metode diskusi adalah cara penyajian pelajaran, dimana siswa – siswa dihadapkan pada suatu masalah yang bisa berupa pernyataan atau peertanyaan yang bersifat problematic untuk dibahas dan dipecahkan bersama.
a. Kelebihan :
1. Merangsang kreatifitas anak didik
2. Mengembangkan sikap menghargai pendapat orang lain
3. Memperluas wawasan
b. Kekurangan :
1. Tidak dapat dipakai dalam bentuk kelompok yang besar
2. Pessserta mendapat informasi yang terbatas
3. Pembicaraan terkadang menyimpang,sehingga memerlukan waktu yang panjang
5. Metode Sosiodrama
Metode Sosiodrama dan role playing dapat dikatakan sama artinya,dan dalam pemakaian sering disilihgantikan sosiodrama pada dasarnya didramatisasikan tingkah laku dalam hubungannya dengan masalah social.
a. Kelebihan :
1. Siswa akan terlatih untuk berinisiatif dan berkraetifitas
2. Kerjasama antar pemain dapat ditumbuhkan dan dibina
3. Bahasa lisan siswa dapat dibina dengan bahasa yang baik
4. Bakat yang ada pada siswa dapat di pupuk
b. Kekurangan :
1. Sebagian anak mengikuti drama sehingga mereka kurangkreatif
2. Banyak memakan waktu
3. Memerlukan tempat yang luas
4. Sering kelas lain terganggu dengan suara pemain
6. Metode Demontrasi
Metode Demontrasi adalah cara penyajian materi pelajaran dengan pemberian peragaan atau mempertunjukan kepada siswa suatu proses,situasi,atau benda sesuatu yang dipelajari.
Kelebihan ;
1. Siswa lebih mudah memahami materi pelajaran
2. Proses pengajaran lebih menarik
3. Siswa dirangsang untuk mengamati
Kekurangan :
1. Sulit untuk mendapatkan tempat dan peralatan dalam pelaksanaan pembelajaran
2. Metode ini memerlukan ketermpilan secara khusus
3. Demontrasi memerlukan perencanaan dan kesiapan khusus dan memerlukan waktu yang panjang.
7. Metode Problem solving
Metode problem solving bukan sekedar metode mengajar, tetapi merupakan suatu metode berfikir, sebab dalam metode solving dapat menggunakan metode lainnya yang dimulai dari mencari data hingga menarik suatu kesimpualan.
Kelebihan :
1. Metode ini bisa membuat pendidikan disekolah lebih relevan dengan kehidupan
2. Metode ini merangsang pengembangan kemampuan berpikir siswa
3. Proses belajar mengajar melalui pemecahan masalah yang nantinya dapat membiasakan siswa dalam menyelesaikan masalah.
Kekurangan :
1. Dalam penggunaan metode ini banyak memakan waktu
2. Mengubah kebiasaan siswa yang belajar dengan mendengar dan menerima informasi
3. Menentukan masalah yang tingkat kesulitannya sesuai dengan tingkat berpikir siswa
8. Metode Karya Wisata
Metode Karyawisata adalah cara mengajar dengan mengajar siswa kesuatu tempat atau Objek tertentu diluar sekolah seperti di museum untuk belajar tentang sejarah.
Kelebihan :
1. Karyawisata adalh metode pembelajaran yang modern yaitu dengan memanfaatkan lingkungan untuk pengalajaran
2. Membuat pelajaran disekolah lebih relevan dengan lingkungan nyata
3. Informasi sebagai bahan pelajaran lebih luas dan actual
Kekurangan :
1. Sangat memerlukan perencanaan yang matang
2. Memerlukan koordinasi dengan guru serta bidang studi lain agar tidak terjadi tumpang tindih waktudan kegiatan selama karyawisata.
3. Sulit mengatur siswa dalam perjalanan dan mengarahkan mereka pada kegiatan studi yang dipermasalhkan
9. Metode Tanya Jawab
Metode tanya jawab adalah cara penyajian pelajaran dalam bentuk pertanyaan yang harus dijawab,terutama dari guru kepada siswa,bisa pula dari siswa kepada guru.
Kelebihan Tanya Jawab
1. Pertanyaan dapat menarik perhatian siswa ,sekalipun siswa tersebut sedang rebut.
2. Merangsang siswa dalam berpikir cepat,termasuk daya ingat
3. Mengembangkan keberanian siswa dalam proses belajar di kelas
Kekurangan metode tanya jawab
1. Siswa merasa takut, terlebih bila guru tidak mendorong siswa untuk berani.
2. Tidak mudah membuat pertanyaan yang sesuai dengan daya pikir siswa
3. Waktu banyak terbuang
10. Metode Latihan
Metode latihan bisa disebut juga dengan metode training merupakan metode pembelajaran yang baik dalam kebiasaan kebiasaan tertentu.Juga merupakan sarana untuk menjaga kebiasaan yang baik.
Kelebihan :
1. Untuk memperoleh kecakapan motoris seperti menulis, menghafal, kalimat, membuat alat.
2. Untuk memperoleh kecakapan mentalseperti dalam perkalian dan penjumlahan serta pengurangan dan lainnya.
3. Pemanfaatan kebiasaan kebiasaan yang tidak memerlukan kosentrasi dalam pelaksanaannya.
4. Pembentukan kebiasaan kebiasaan membuat gerakan gerakan yang kompleks.
Kekurangan :
1. Dapat menimbulkan verbalitas
2. Membentuk kebiasaan yang kaku,karena bersifat otomatis.
3. Menimbulkan penyesuain secara statis kepada lingkungan
11. Metode Ceramah
Metode ceramah adalah metode yang boleh dikatakan metode tradisional , karena sejak dulu metode ini digunakan untuk komunikasi lisan antara guru dan anak didik dalam pembelajaran.
Kelebihan :
1. Guru mudah menguasai kelas
2. Mudah mempersiapkan dan melaksakan
3. Guru mudah menerangkan pelajaran dengan baik
Kelemahan :
1. Menyebabkan siswa menjadi pasif
2. Mudag menjadi verbalisme
3. Bila selalu digunakan dan terlalu lama, membosankan.
2.4. Praktek Penggunaan Metode
Dalam prakteknya, pengguanaan metode mengajar tidak digunakan sendiri – sendiri, melainkan merupakan kombinasi dari beberapa metode mengajar.
1. Ceramah, Tanya Jawab, dan Tugas
2. Ceramah, Diskusi , dan Tugas
3. Ceramamh, Demonstrasi, dan Eksperimen
4. Ceramah, Sosiodrama, dan Diskusi
5. Ceramah, Problem Solving, dan Tugas
6. Ceramah, Demonstrasi, dan Latihan

About these ads