BAHASA INDONESIA
Mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan salah satu pelajaran yang paling mudah , tetapi kalau tidak bervariasi / kurang menarik pengajarannya maka akan menimbulkan kebosanan.
Tips yang terbaik untuk mengajar dan belajar Bahasa Indonesia yang baik , mudah dan menarik , sebagai berikut :
- Melalui percakapan , puisi , drama , berpantun , bercerita , berpidato, dan membaca , untuk menampilkan anak – anak. Guru harus benar – benar sudah mempersiapkan pokok bahasan yang akan diajarkan berupa naskah. Selanjutnya mengadakan latihan – latihan yang sudah dilakukan oleh anak – anak . Bilamana perlu, bisa ditampilkan melalaui kegiatan panggung yang diselenggarakan di sekolah atau dilombakan .Dengan cara tersebut di atas disamping mendidik anak – anak untuk berani tampil sekaligus menjadikan anak tersebut lebih percaya diri.

- Pengajaran Bahasa Indonesia di kelas I dan II ditekankan pada bentuk tulisan ,membaca, dan pemahaman tiap kata . Kalau siswa sudah mampu menguasai perbendaharaan kata yang banyak dan sudah bisa membuat kalimat sendiri maka siswa tersebut baru bisa membuat karangan singkat dari buku yang pernah mereka baca.

- Tulisan siswa Kelas I dan II masih cenderung kurang bagus , guru harus bisa melatih siswa untuk menulis tegak bersambung yang baik dan benar . Bila tulisan anak sudah cukup baik dan benar maka dengan mudah guru mengajak siswa untuk belajar Bahasa Indonesia

- Metode permainan , seperti : teka teki silang dan kata berkait

- Mengadakan kunjungan rutin ke perpustakaan sekolah , siswa dapat membaca dan meminjam buku – buku yang bermanfaat sekaligus menambah pengetahuan mereka

ILMU PENGETAHUAN ALAM

Mata pelajaran IPA merupakan pelajaran yang sangat menyenangkan , karena selain belajar menambah pengetahuan , kita juga dapat mengetahui keadaan alam sekitar , tumbuhan , mengenal poster tubuh hewan dan manusia bahkan mempelajari keadaan ruang angkasa. Untuk mempelajari IPA yang menyenangkan bisa mengajak anak-anak ke Planetarium , Kebun Raya Purwodadi , Kebun Binatang Surabaya dan Kapal selam .

Kiat – kiat supaya berhasil di dalam belajar IPA di sekolah adalah sebagai berikut:
1. Penggunaan alat peraga.
2. Kegiatan Praktikum di ruang laboratorium.
3. Memilih jenis Praktikum yang mudah ,aman, menarik dari bahan yang mudah di dapat dan bekerja bersama di dalam kelompok – kelompok kecil.
4. Pemanfaatan OHP di dalam Kelas maupun di Ruang Laboratorium.
5. Pembuatan Herbarium dan Insektarium.
6. Membuat suasana/kondisi belajar yang menyenangkan , namun tetap pada tujuan pembelajaran.
7. Memberikan catatan tidak terlalu banyak , yang penting – penting saja dan tidak terdapat di dalam buku siswa atau hal baru dalam ilmu pengetahuan.
8. Memberikan latihan – latihan yang langsung bisa dievaluasi di elas setelah menerima penjelasan dan umpan dari guru.
9. Menggunakan CD ROM, VCD tentang Pengetahuan Alam yang sudah disediakan sekolah.
10. Sering mencari pengetahuan baru di perpustakaan , anak disurh bercerita atau membuat rangkuman secara singkat.
11. Memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah misalnya : taman sekolah/halaman dan kolam ikan.
12. Pekerjaan rumah diberikan sebagai latihan soal – soal untuk memacu siswa belajar IPA.

ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Untuk mempermudah pengajaran IPS dan Sejarah sekaligus dapat menyenangkan siswa , maka sebagai guru harus mempunyai trik – trik mengajar , antara lain :

1. Untuk membentuk pemahaman yang mendalam tentang belajar IPS sebaiknya bisa dilakukan melalui permainan ” Around The Word ” khususnya untuk mengajarkan PETA INDONESIA di Kelas IV dan V sedangkan PETA DUNIA di Kelas VI.

2. Kegiatan Outing Program /Out door misalnya : Kunjungan ke Museum , Tugu Pahlawan, atau tempat – tempat bersejarah lainnya.

3. Pengajaran Sosio Drama dalam pengajaran sejarah , sangat membantu anak untuk lebih mudah menghafalkan nama – nama pahlawan , karena anak secara langsung terlibat didalamnya dan berperan sebagai pahlawan tersebut.

4. Melalui Cerdas Cermat akan melatih siswa belajar :
- mengenal negara maupun kota – kota di dunia.
- mengetahui ibu kotanya
- mengenal kebudayaan tiap kota atau negara .
- mengetahui hasil terkenal di tiap daerah/negara.

5. Kata Berkait dalam pelajaran IPS / Sejarah juga sangat menarik bila dilakukan dalam pengajaran di kelas , sambil bermain sekaligus belajar ,misalnya : Untuk menghafal ibukota / provinsi di Indonesia.

Kiat – kiat Mengajar Anak SD

Apabila hal tersebut di atas dipelajari secara rutin maka anak tersebut mempunyai pengetahuan tentang IPS / Sejarah secara luas.

MATEMATIKA

Mata pelajaran metematika sebenarnya merupakan salah satu materi pelajaran yang menyenangkan, jika kita pandai dalam mata pelajaran matematika berarti kita sudah terlatih untuk teliti, berpikir kritis dan praktis, tetapi sayang banyak siswa yang merasa bahwa pelajaran Matematika identik dengan mata pelajaran yang paling sulit dan menegangkan , sehingga kurang diminati oleh siswa. Guru selalu berupaya untuk mencari cara yang termudah untuk memahami rumus – rumus pengerjaan mata pelajaran Matematika .

KIAT-KIAT KHUSUS UNTUK MEMPERMUDAH BELAJAR MATEMATIKA :
1. Pemahaman rumus matematika dengan permainan
2. Penggunaan alat peraga.
3. Penjumlahan , Pengurangan , Perkalian dan Pembagian harus dipahami benar , terutama dalam soal-soal yang bervariasi di dalam soal cerita.
4. Sering mengadakan diskusi / kerja sama untuk menentukan tahap-tahap penyelesaian soal – soal secara cepat , tepat dan mudah dipahami.
5. Memperkenalkan berbagai macam bentuk bangun geomitri melalui papan berpaku ,sekaligus belajar mempelajari cara mencari Luas dan Volume bangun, mengukur panjang, pendek, berat suatu benda. Siswa dibiasakan untuk bisa menggambar sendiri bentuk bangun – bangun tersebut dan mencoba mengukuratau menimbang berat benda. Mencari Sumbu simetri lipat.
6. Fasilitas ruang kelas juga bisa digunakan sebagai alat peraga yang efisien misalnya : belajar pengubinan.
7. Untuk mengenal pelajaran pembelian , penjualan , laba dan rugi ,sebaiknya melalui kegiatan membuka” Pasar sederhana ” di kelas . Siswa dianjurkan membawa uang logam maupun uang kertas , dalam kegiatan tersebut selain kita mengajarkan matematika materi ” Uang” sekaligus mengajak siswa belajar sambil bermain, anak terpacu untuk melakukan jual beli. Disamping itu mereka tahu persis berapa nilai nominal masing – masing uang ,sehingga siswa tidak merasa sulit belajar matematika tetapi justru menyenangkan.
8. Pelajaran Matematika bisa diajarkan melalui permainan :
- Rumah penjumlahan untuk Kelas I dan II
- Rumah Perkalian untuk Kelas III s.d VI.
- Teka teki Silang Matematika
- Cerdas Cermat
9. Materi Matematika dapat disampaikan melalui Bhs Indonesia maupun Berbahasa Inggris.
10. Kunci keberhasilan belajar Matematika :
- Rajin berlatih mengerjakan soal.
- Sesering mungkin diadakan mencongak ( menjawab secara cepat dan tepat dalam waktu singkat )
- Memberi kesempatan untuk mengikuti lomba Matematika baik diadakan di dalam sekolah maupun di luar sekolah.
- Melalui Mental Aritmetika juga bagus karena melatih berpikir secara cepat dan tepat.

About these ads